Berpikir dari Sisi KONSUMEN …

Hari ini selepas Jumatan dapat tugas dari bagian PIOGAMA Fakultas Farmasi UGM untuk memberikan materi di siaran radio RRI. Durasi siaran selama 1 jam sudah termasuk tanya jawab, perkenalan, iklan, dan tentunya haha hihi… 🙂

Oke, karena waktu persiapan mepet dan saya kira materi yang perlu dipersiapkan tidak perlu terlalu banyak, jadi bahan yang saya pilih adalah bahan yang pernah saya tulis di Tribun Jogja mengenai penggunaan obat pada ibu hamil (lihat tulisan saya mengenai ini). Saya pikir ini tema yang ringan, banyak peminatnya, kesadaran masyarakat tentang waspada penggunaan obat pada ibu hamil juga sudah tinggi.

Malam sebelum siaran, saya berusaha untuk merangkum obat-obat yang boleh digunakan untuk wanita hamil, persiapan kalo-kalo ada yang bertanya mengenai ini, saya rangkum dari obat antialergi, asma, antibiotik, antinyeri, dan lainnya yang masih bisa digunakan oleh ibu hamil (lihat tulisan saya tentang ini). Obat-obat ini kebanyakan saya ambil dari buku Drugs During Pregnancy and Lactation. Oke setelah selesai membuat list, saya rasa persiapan sudah selesai untuk acara siaran.

Selepas jumatan, bersama 2 mahasiswa dari PIOGAMA (Pusat Informasi Obat Gadjah Mada) langsung menuju ke RRI untuk siaran. Sayang… dari beberapa penelpon (seingat saya 4 orang) skenario tidak berjalan seperti yang dibayangkan, ternyata pertanyaan lebih banyak tentang jamu, obat cina, dan obat herbal pada ibu hamil. Kebanyakan penelpon ternyata adalah laki-laki yang sudah berumur (saya perkirakan dari suaranya). Wow.. pertanyaan yang sedikit susah dijawab, tapi alhamdulilah sudah pernah sedikit-sedikit dengar ketika dulu kuliah s1, ada juga mahasiswa yang membantu.

Satu hal yang saya pelajari, dalam mempersiapkan sesuatu, kita harus berpikir dari sisi konsumen kita, berpikir dari sisi pendengar kita, tidak berpikir apa yang bisa kita berikan untuk mereka, tapi pikirkan apa yang “dibutuhkan” mereka. Kemudian, penuhi harapan tersebut.

About Rifqi Rokhman

M. Rifqi Rokhman, M.Sc., Apt. Dosen Fakultas Farmasi UGM
This entry was posted in Motivation and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.